MANUSIA PURBA HOMO




Secara fisik dan kualitatif manusia purba jenis Homo ini sudah lebih maju dan sempurnya jika dibandingkan dengan jenis manusia purba Meganthropus maupun Pithecanthropus. Secara fisik, cirri-ciri manusia homo sudah mirip dengan manusia modern sekarang, seperti bentuk kepalanya yang sudah tidak lonjong. Secara kualitatif, tingkat kecerdasannya sudah lebih tinggi karena sudah mampu menggunakan alat-alat dari batu dan tulan. Di samping itu dalam berburu mereka telah menggunakan alat-alat perburuan. Mereka juga telah mengenal api karena binatang hasil buruannya dikuliti dahulu sebelum dibakar. Demikian pula jenis umbi-umbian yang menjadi makanan mereka juga telah dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Meskipun demikian, manusia purba jenis Homo ini masih hidup secara berpindah-pindah (nomaden) mereka hidup berpindah bergantung pada persediaan makanan yang ditemukan di alam sekitanya (food gathering). Manusia purba jenis Homo dalam mancari makanan dengan berburu menggukan alat-alat dari batu dan tulang serta tanduk binatang. Contoh alat-alat perkakas yang mereka gunakan dari batu berupa berbagai jenis kapak, alat-alat serpih (flakes). Mereka juga menggunakan alat-alat yang terbuat dari tulang seperti alat penusuk (belati), ujung tombak, dan alat pengorek ubi serta keladi. Di samping itu ada alat-alat berburu berupa mata tombak yang terbuat dari tulang  ikan pari. Adapun alat-alat yang terbuat dari tanduk berupa tanduk menjangan atau rusa yang diruncingkan. Alat-alat perkakas peninggalan makhluk homo tersebut ditemukan di daerah-daerah sekitar Ngandong dan Sidorejo (Ngawi), yaitu berupa berbagai jenis kapak batu, alat pelempar dari batu, alat perimbas dari tulang atau tanduk.

A.     CIRI-CIRI UMUM
Ciri umum manusia purba jenis Homo antara lain, memiliki tinggi badan 130 cm-210cm,muka tidak menonjol ke depan, otot tengkuk menyusut, dan volume otaknya antara 1000 cc – 1200 cc. manusia purba ini sudah berdiri tegak dan cara berjalannya lebih sempurna. Mereka hidup sekitar empat puluh ribu hingga 25ribu tahun yang lalu.pola hidunya pun lebih maju daripada manusia purba sebelumnya

B.     JENIS-JENIS MANUSIA HOMO
1.  Homo soloensis
 
pada tahun 1931-1934, ahli purbakala yang bernama G.H.R. Von Koeningswald dan wedewnrich menemukan fosil-fosil manusia purba di Lembah Sungai Bengawan Solo di dekat Desa Ngadong. Jenis manusia purba dari Lembah Bengawan Solo tersebut dinamakan homo soloensis atau manusia purba dari Solo. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa ternyata manusia purba jenis homo soloensis lebih tinggi tingkatannya daripada Pithecanthropus Erectus.
Berdasarkan penelitian fosil-fosil yang ditemukan, Homo Soloensis mempunyai cirri-ciri sebagai berikut
a. Otak kecilnya lebih besar daripada otak kecil Pithecanthropus Erectus.
b. Tengkoraknya lebih besar daripada Pithecanthropus Erectus.
c. Tonjolan kening agak terputus di tengah (di atas hidung).
d. Berbadan tegap dengan ketinggian kurang lebih 180 cm
.

2.   Homo wajakensis

Manusia purba jenis ini mempunyai tingkatan lebih tinggi dari pada Pithecanthropus Erectus dan tergolong jenis homo sapiens. Homo wajakensis termasuk ras yang sulit ditemukan karena memiliki ciri-ciri ras Mongoloid dan juga Austromelanesoid atau mungkin berasal dari subras Melayu Indonesia dan turut berevolusi menjadi ras Austromelanesoid sekarang. Ras wajak mungkin juga meliputi manusia yang hidup sekitar 25.000 – 40.000 tahun yang lalu di Asia Tenggara.
Fosil homo wajakensis ditemukan oleh Van Riestchoten pada tahun 1889 di Desa Wajak Tulungagung fosil ini kemudian diteliti oleh Eugene Dubois, temuan fosil ini merupakan temuan fosil manusia purba pertama yang dilaporkan berasal dari Indonesia.
Fosil homo wajakensis mempunyai tinggi badan sekitar 130-210 cm dengan berat badan antara 30-150 kg. volume otaknya mencapai 1300 cc. manusia purba jenisini hidup antara 40.000- 25.000 tahun yang lalu pada lapisan pleistosen atas.

3.   Homo Sapiens


Homo sapiens disebut manusia purba paling sempurna karena 2 faktor.
Faktor pertama adalah dari anatomi dan cara berjalan; anatomi homo sapiens sudah memiliki punggung tegak rahang rata serta berstruktur tulang kaki panjang dan tegak, hal ini menyerupai anatomi manusia modern saat ini
Faktor kedua adalah cara hidup; homo sapiens sudah menemukan cara hidup yang tidak 100% mengandalkan alam (berburu)tetapi juga sudah menerapkan pola bercocok tanam, berternak. disamping itu perangkat rumah tangga yang dibuat, tidak lagi mengandalkan batuan yang kasar, namun telah ditemukan juga beberapa peralatan yang terbuat dari logam, batuan yang dibentuk halus sempurna dan juga homo sapiens telah mengenal lokasi pemukiman yang baik, hal ini ditunjukkan sebagian besar penemuan fosil berada di daerah aliran sungai, dan terkadang ada teori yang menunjukkan bahwa homo sapiens juga telah memiliki tatanan sosial struktur masyarakat dimana ada pemimpin kelompok

Homo sapiens artinya manusia cerdik berasal dari zaman holosen 40.000 tahun yang lalu, telah mengalami pengecilan kepala dan tubuh yang lain, sehingga fisiknya sudah hampir sama dengan manusia zaman sekarang. Homo sapiens terdiri atas subsapiens atau ras. Jenis homo sapiens yang sampai sekarang masih ada adalah ras Mongoloid, ras Kaukasoid, dan ras Negroid. Ras Mongoloid memiliki ciri berkulit kuning dan menyebar di Asia Tenggara. Ras Kaukasoid berkulit putih berhidung mancung dan tubuhnya jangkung, hidupnya menyebar di Eropa dan Asia kecil (Timur Tengah). Ras Negroid berkulit hitam, bibir tebal, berambut keriting, hidup menyebar di Papua, Australia dan Afrika. Selain ketiga ras tersebut, terdapat dua ras yang penyebarannya terbatas yaitu ras Austromelanesoid dan ras Kaukasoid. Ras Austromelanesoid terdapat di Kepulauan Pasifik dan pulau-pulau di antara Asia dan Australia, sedangkan ras Kaukasoid atau mungkin yang dimaksud adalah ras Indian yang terdapat di Benua Amerika dan sekarang terdesak oleh orang kulit putih.

 



SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post
March 4, 2022 at 2:42 AM

How to get a slot machine game without any - Dr.D.
A slot machine 포천 출장안마 is a game of chance and luck. 강릉 출장마사지 You will find a lot 삼척 출장안마 of 아산 출장샵 fun with 성남 출장안마 a slot machine game with some really rewarding symbols and

Reply
avatar