Tips Agar Kuat Saat Berpuasa

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh :) 
Marhaban ya Ramadhan, alhamdulillah yah sekarang sudah masuk bulan Ramadhan lagi. Sebagai umat muslim, saat bulan Ramadhan kita diwajibkan berpuasa sesuai dengan rukum islam ketiga. Saat berpuasa kita harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. 

Sumber: Google Images
Ini nih ada tips biar kuat saat berpuasa dari eyke, cek..cek.cekidot ^_^

1. Niat yang ikhlas
Dalam setiap melakukan perbuatan, niat adalah yang paling penting. Begitu pula saat berpuasa. Kita harus mempunyai niat yang ikhlas menjalankan ibadah puasa karena Allah SWT, kalau dari dalam hati sudah mempunyai niat yang ikhlas pasti puasanya mudah. Tapi jangan sampai kamu berpuasa bukan karena Allah SWT., tapi karena orang lain. Pacar misalnya, atau hanya ingin dibilang alim..aduuuhh ke laut aja lo !

2. Sahur dengan makanan bergizi
Saat sahur usahakanlah untuk makan makanan yang bergizi dan mengandung karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi manusia, jadi kalau mau energinya full makan makanan yang berkarbohidrat seperti nasi, jagung, kentang, singkong, dll. Selain karbohidrat vitamin dan mineral juga sangat penting. Ikan, ayam, telur, dan sayur-sayuran tentu harus menemani nasi saat sahur. Setelah sahur, ada baiknya minum susu atau multivitamin agar menjaga energi tetap stabil.

3. Jangan bermalas-malasan
Saat puasa, kita tidak makan dan tidak minum lebih dari 12 jam. Tapi bukan berarti kita bisa bermalas-malasan dan tidak mengerjakan apa-apa. Saat bermalas-malasan, kita mensusgesti diri kita sendiri agar kelihatan lemas sehingga tidak bisa mengerjakan apa-apa.

4. Lakukan hal-hal positif
Kebanyakan orang saat berpuasa, mereka terus bertanya-tanya "kapan buka puasa?","berapa jam lagi?". Kalau terus begitu, buka puasa akan terasa sangat lama dan puasa akan menjadi makruh. Dibandingkan orang yang selalu menghitung waktu, orang yang sibuk tidak akan merasakan lamanya waktu berpuasa. Nah, lakukan hal-hal positif yang dapat meningkatkan amalan kita dan mendekatkankan diri pada Sang Pencipta. Misalnya, mengaji, dzikir, membantu anak yatim, blogging, membantu orang tua, dan masih banyak lagi kegiatan positif lain.

5. Tidur
Tidur yang eyke maksudkan disini bukan tidur mulai dari selesai sahur sampai buka puasa. Kalau tidurnya begitu sih bisa dikira udah wafat-_- Tidur yang eyke maksud itu tidur pada saat kewajiban kita sudah dikerjakan, Misalnya selesai shalat  dzuhur, tapi bangun kalau sudah waktunya shalat ashar. Tidurnya orang berpuasa itu ibadah loh.

Oke deh, itu dulu tips yang bisa eyke sumbangkan. Semoga bermanfaat untuk semua dan selamat menjalankan ibadah puasa :)

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post