Cerpen - UNTITTLE


wah, lama baru update lagi nih..mumpun lagi nggak ada kerjaan, aku mau posting tugas cerpenku yang belum pernah aku bacakan di kelas ;D (soalnya malu). lagi pula cerpen ini belum punya judul, mungkin lebih baik kalau judulnya UNTITTLE aja yah.
cerpen ini hanya fiksi belaka, jika ada kesamaan nama, tempat, waktu, kejadian, itu semua tanpa kesengajaan.
selamat membaca! CEKIDOOT ...

UNTITTLE
           Namaku Sandra, aku  adalah seorang siswi salah satu SMA di kota Bandung. Kata teman-teman, aku itu seorang cewek yang super lebay, narsis, tapi sering juga bikin jengkel. Selain itu, aku juga sering nyoba eksis di dunia maya lewat facebook, twitter, dan blog.
            Facebook, jaman sekarang siapa sih yang nggak kenal sama kata F-A-C-E-B-O-O-K ?? Bahkan nenek-nenek yang udah punya cucu segudang pasti tau apa itu Facebook. Facebook itu bukan nama pengusaha kaya, atau jenis obat terlarang. Tapi facebook itu sebuah jejaring social yang sangat terkenal. Di facebook ini, kita bisa nyari teman baru, ketemu sama teman-teman lama, bahkan kalau mau nyari pejuang kemerdekaan juga ada.
            Dari facebook inilah, awal dari dilemaku. Saat masih SMP, aku punya teman Namanya Nino. Bagi orang yang nggak terlalu kenal sama Nino, dia itu dianggap sebagai seorang cowok yang cuek banget, sok cool, dan sombong. Tapi lain di mata orang-orang yang kenal dekat dengannya. Contohnya aku. Bagiku, Nino itu orangnya lucu, baik, perhatian, lumayan oon sih, terus suka bikin jengkel. Tapi dari semua itu yang bikin aku jatuh hati sama dia. Untungnya, cinta aku itu nggak bertepuk sebelah tangan. Malahan, Nino pernah bilang kalau dia itu udah suka sama aku sejak kelas satu SMP. Tapi dulu nggak pernah aku respon. Waktu semester terakhir kelas 3, keadaan jadi berbalik. Aku jatuh hati sama si Nino. Kami berdua tau kalau kami itu saling suka. Tapi karena waktu itu, kami nggak mau ganggu pelajaran dulu, jadi diputuskan untuk pacaran setelah umur 17 tahun. Yaa, kami sih saling menjaga kepercayaan aja. Tanpa status pacaran pun, aku udah kayak orang pacaran ama Nino. bayangin aja, waktu ngurus keperluan masuk SMA, dia yang ngantar aku kemana-mana. Bahkan kita kayaknya punya ikatan batin. Setiap Nino sakit, aku pasti sakit juga.
            Satu hal yang bikin aku sedih. Sekarang, dia nggak satu sekolah lagi sama aku. Tapi tetap satu daerah kok. Pada saat awal-awal masuk sekolah, komunikasi kami lancaar banget. SMS-an setiap hari, tiap malam telponan sampai subuh. tapi keadaan itu nggak berlangsung lama. Lama kelamaan, aku ama Nino udah sibuk sama urusan masing-masing. Komunikasi pun lambat laun terputus. sadar akan hal itu, aku nggak tinggal diam. aku selalu nyoba menghubungi Nino, tapi sayang sekali jarang direspon. Jadi aku pasrah aja nunggu kabar dari Nino.
            Berbulan-bulan aku nunggu kabar dari pujaan hatiku itu, tapi nggak kunjung datang. Setiap malam, aku selalu mutar lagu Bang Toyyib, karena kayaknya pas banget gitu sama kisah ku. Walaupun begitu, rasa cinta ku ke Nino nggak pernah berubah. Sampai pada suatu malam di bulan ramadhan, waktu itu aku lagi kedatangan tamu bulanan, jadi nggak pergi shalat tarawih. So, aku putusin buat online di rumah aja. Tujuan aku online saat itu, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk nyari nenek moyang aku yang nggak pernah aku liat sejak lahir. Lagi asyik nyari, tiba-tiba ada salah satu teman facebook aku yang ngajak buat chatting. Nama akunnya facebooknya Tristan Triyugo. Nggak tau yah, itu nama asli atau bukan. Karena sekarang tuh, banyak yang nama akun facebooknya nggak asli. Ada yang pake nama sandal jepit, kertas kosong, kipas angin, tusuk es, baterai rusak, dan sebagainya. Bahkan ada juga tuh yang namanya lebih panjang dari gerbong kereta api. Heran deh, jaman emang udah edan. Kasian banget yah orang tua mereka.
            “hay” kata Tristan memulai obrolan. Aku Cuma nge-bales pake emotion smile doang. Pasti dia ini anak ketiga deh.
            “anak mana” lanjut Tristan.
            “anak Indonesia” jawab aku sok cuek.
            “hahaha..kamu lucu juga yah”
            “haa? Lucu dari mana coba? Aku enggak ngelawak kok” hati aku bicara. Mungkin karena chatnya nggak aku bales-bales, Tristan memulai obrolan lagi.
            “kamu pacarnya Nino yah?”  
            “whaat? Bukan. Cuma temen lama” aku kaget setengah mati ada yang nanya gitu ke aku.
            “jujur aja deh, Nino sering cerita loh ke aku”
            “masa sih? kamu temen sekelasnya Nino yah?” Perasaan aku saat itu kayak gado-gado gitu. Ya iyalah, ternyata Nino yang selama ini nggak pernah ngasi kabar ternyata sering curhat ke temennya soal aku. Rasanya tuh kayak nge belah atmosfer, terbang bersama paus akrobatis menuju rasi bintang paaaliing manis.
            “iyalah..dia itu sering banget cerita tentang kamu” balas Tristan. Obrolan pun berlanjut membahas tentang Nino. Kata Tristan, di kelas itu Nino orangnya hiperaktif, cerewet, dan lain-lain deh.
            “kamu asyik juga yah” kata Tristan
            “oh ya? Maaf..aku nggak punya uang receh nih” kata aku nge-ledek.
            “hahaha…oh iya, soal yang tadi aku tuh cuman bercanda”
            “yang mana” aku mulai kaget
            “yang bilang Nino sering cerita tentang lo ke aku. Dia nggak pernah cerita gitu kok. Aku taunya dari temen SMP nya doang” balas Tristan sok lugu. Sumpah waktu itu rasanya tuh kayak jatuh dari pesawat terbang ke dalam kotoran sapi, trus dimakan sama singa paling ganas, keluar jadi fases yang paling bau. Karena sangat terpukul, aku mutusin buat offline dan go to sleep.
            Beberapa hari setelah kejadian mengenaskan itu, aku jadi trauma buat online. Gimana kalau tiba-tiba ada tukang sapu sekolahnya Nino yang ngajak aku chat lagi. Trus dia bilang. “kamu pacar Nino yah? Hahaha..aku cuman bercanda kok, sekarang itu Nino lagi ngejalin hubungan special sama ibu kantin di sekolah” mungkin saat itu aku langsung mutusin buat tutup akun facebook, trus ngejual laptop dan rumahku. Tapi karena udah kecanduan facebook, ya aku ngeberaniin diri aja berhubung waktu itu kan lagi puasa nih, jadi cara satu-satunya buat lupain lapar yah tentu aja online. Nggak lama waktu aku lagi asyik liat-liatin profilnya Nino, ada lagi nih yang ngajak aku chat. Nama akun facebooknya Bambang Bieber Sang Pembunuh. Gilee…mungkin yang ngajak aku chat ini narapidana kali yah. Karena takut dibunuh, akhirnya aku bales. Ya tentu aja pake emotion smile doang. Setelah aku buka profilnya, ternyata aku baru ingat, kita itu pernah satu les. Jadi, aku welcome gitu ke dia. Ternyata si Bambang ini satu kelas juga sama Nino. tapi dia nggak pernah bahas Nino tuh. Dia cuman nanya-nanya soal kehidupan ku. Aku serasa jadi selebriti. Karena capek ditanya-tanya terus aku bilang gini sama Bambang
            “dulu itu, kita pernah satu les loh”
            “masa sih? Serius ? ah, yang bener ? tapi kok aku kayak nggak pernah liat kamu sih?”
            Aku merenung sejenak. Aku baru keinget, kalau dulu waktu pergi les aku sering banget pake topeng monyet. Pantesan aja si Bambang nggak kenal sama aku.        Bambang pun melanjutkan obrolan yang tertunda. Kali ini, dia  minta nomor hp aku. Tadinya sih hampir aku kasi nomor hp neneknya tetangga aku, tapi karena ngerasa Bambang itu orang baik-baik dan tentu aja nggak pernah B.A.B di masjid, jadi aku kasi deh dengan syarat nggak boleh disebarin.
Setelah Bambang dapat nomor hp aku, dia jadi rajin banget kirim SMS ke aku. Bahkan, waktu itu aku nggak balas SMSnya karena aku nggak punya pulsa dia ngirimin pulsa ke nomor aku. Senang banget sih dapat pulsa gratis. Tapi nanti aku dikiranya cewek apaan aku juga nggak mau ngasi harapan yang lebih ke dia. Feeling aku itu nggak salah. Bambang emang lagi berusaha ngedeketin aku. Dan makcomblangnya itu adalah Tristan. Bambang dan Tristan udah sahabatan sejak SMP. Bambang juga udah nyatain perasaannya ke aku dan ngajak aku pacaran. OMG ! aku pusing banget..bukan karena nggak tau mau jawab apa. Tapi karena nggak tau cara jawabnya gimana. So pasti aku tolak dong, secara aku itu nggak punya perasaan apa-apa ke Bambang aku cuman anggap dia temen doang nggak lebih. Dan yang paling penting, aku punya janji sama Nino. aku juga baru inget, Bambang kan temen sekelasnya Nino. jadi nggak mungkin aku nerima Bambang. Waktu kejadian itu, aku jadi keinget sama Fachri, temen SMP aku, tapi nggak sekelas kok. Beberapa minggu yang lalu dia juga nembak aku, itu sih udah yang kesekian kalinya dia nyatain perasaannya. Tapi jawaban aku tetep sama. Nggak bisa. Kenapa? Karena aku emang nganggap dia Cuma temen doang, trus parahnya lagi sekarang itu dia juga sekelas sama Nino ya udah pastilah aku tolak.
Bulan ramadhan pun berlalu, kabar dari Nino nggak datang-datang juga. Aku tetap sabar aja. Orang sabar kan disayang sama Allah J . udah beberapa hari ini aku nggak pernah online, kangen juga sih sama facebook dan teman-teman facebook aku yang bermacam-macam spesies. Akhirnya aku pun online. Sore itu aku bosen banget nggak ada yang narik perhatian aku di facebook. Yang ada Cuma status-status nggak jelas. Ada yang lagi kasmaran, putus cinta, dimarahin mertuanya, lagi makan sama kucingnya, dan ada juga yang lagi mau bunuh diri tapi sempet-sempetnya update status.
“hai, udah lama nih nggak ada kabar” tiba-tiba Tristan ngajak aku buat chat
“hehehe, lama? Nggak juga tuh.”
“ohh. Iya, visit yah blog aku.” Balas Tristan sambil memberikan alamat blognya.
karena penasaran, aku pun ngebuka blog itu. Dan wow, aku tertarik banget sama blognya Tristan. Simple, tapi isinya keren-keren. Aku pun berminat buat belajar nge-blog sama dia. Sebenarnya sih, aku udah punya blog tapi jarang diurusin. Berantakan banget kayak gudang.
“aku juga punya blog loh” kata aku nggak mau kalah. Aku pun ngirimin alamat blog aku ke Tristan. Nggak lama kemudian si Tristan pun ngebales chat aku.
“kamu blogger juga yah? Tapi blog kamu berantakan banget” kata Tristan ngeledek aku
“kamu tau nggak kenapa aku ngasi alamat blog aku ke kamu? udah nggak usah dijawab. kamu pasti nggak tau jawabannya apa. Aku ngasi alamat blog aku tuh, supaya kamu ngebantu aku buat ngerapiin blog aku lagi. Aku itu hampir putus asa gara-gara blog itu. Aku udah nyari bantuan dimana-mana mulai dari PBB, Obama, bahkan mbah Marijan nggak bisa ngebantuin aku. So, intinya lo mau nggak jadi guru aku?” balas aku sambil ngetik pake kaki
“boleh..taapiii…” Tristan nyoba buat aku penasaran
“tapi..wanipiro !” lanjut Tristan
“wah..jangan-jangan lu anaknya gayus yah? Aku laporin ke KPK baru tau rasa lu”
“ya udah..ampun deh..gini aja. Aku minta nomor hp kamu, nanti aku hubungi waktu dan tempat supaya kamu bisa belajar ngeblog. Oke”
“oke deh” aku pun ngirimin nomor hp aku ke Tristan. Aku pun offline dan seperti biasa, go to sleep.        
Beberapa hari kemudian, aku dapet SMS dari Tristan.
“hei San..apa kabar? Oh ya, gimana soal rencana belajar ngeblog..jadi nggak nih?” kata Tristan dalam SMS itu.
“baik. Jadi dong..kamu bisanya kapan?”
“nanti sore gimana?”
            Sebenarnya sih waktu itu, aku lagi males keluar rumah. Soalnya lagi perawatan..gimana kalau misalnya kulit aku terbakar? Siapa yang bakal telpon pemadam kebakaran? Tapi karena antusias aku belajar ngeblog terlalu besar, yaa aku mau aja.
            “dimana ?” balas aku singkat
            “di café samping kebun binatang itu loh..yang ada akses wifi nya. Tapi jangan bawa temen yah..soalnya aku pemalu”
            Aku sempet bertanya-tanya sama diri aku sendiri. Kenapa si Tristan pilih café dekat kebun binatang? Trus kenapa dia larang aku ngajak temen? Apa jangan-jangan dia mau nyulik aku, trus ngejual aku ke gorilla yang ada di kebun binatang, dengan alasan aku itu anak si gorilla yang waktu lahir ketuker sama anak manusia?
            “nggak boleh zuusan sama guru” kata aku dalam hati. Aku pun setuju dan pada waktu yang ditentukan menuju ke TKP.
            Waktu sampai di situ, Tristan belum datang. Jadi aku nunggu dia sambil online. Nggak lama kemudian, dia pun datang. Aku baru nyadar kalau dia itu ternyata lumayan juga. Tristan pun mulai ngajar aku. Setelah itu, kita berdua ngobrol-ngobrol. Aku nyaman banget sama dia. Dan aku ngerasa nyambung banget. Setelah pertemuan itu, aku mulai sering jalan bareng sama dia. Sampai akhirnya, aku ngerasain apa yang aku rasain ke Nino. Aku mulai khawatir, karena kayaknya tuh aku jatuh cinta sama Tristan. aku takut ngelanggar janji aku sama Nino. tapi aku juga nggak bisa bohong yah..Tristan tuh udah berhasil masuk ke dalam hati aku. Nggak tau yah caranya gimana yang pasti, dia mulai ngegantiin posisi Nino secara perlahan-lahan.
            Pada suatu malam, waktu itu aku nyampe di rumah habis hang-out bareng sama Tristan. tiba-tiba Tristan ngirimin aku SMS. Dia ngungkapin perasaannya ke aku, ya ampuun seneng banget. Saking senengnya aku sampai ngelempar-lempar tempat tidur aku. Tristan pun nembak aku. Tapi tiba-tiba, aku nggak tau mau jawab apa. Sumpaaahh..dilema banget. Di satu sisi, aku suka banget sama Tristan. tapi di sisi lain, aku ingat janji aku ke Nino. Trus kan, si Tristan sama si Nino satu kelas. Dia juga satu kelas sama Fachri. Bahkan, dia itu sahabatnya Bambang yang pernah aku tolak. Gimana coba kalau nanti, Bambang, Fachri, Nino musuhin Tristan gara-gara aku. Sebenarnya sih, aku masih cinta sama Nino, tapi karena mengingat perlakuan Nino yang udah cuekin aku selama berbulan-bulan lamanya tanpa alasan yang jelas. Dan intinya, aku harus jawab apa ???

*bersambung

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post